Jumat, 19 Desember 2014

Prodi Sistem informasi

yooo kawan kali ini saya akan menggambarkan beberapa tentang salah satu prodi di Universitas kristen Duta wacana yaitu prodi Sistem informasi atau biasa disebut SI.Apasih sistem informasi itu ?ya, Salah satu Program studi di UKDW yang akan membawa para mahasiswa untuk masuk dan terlibat dalam beragam proses bisnis, baik melalui studi lapangan, laboratorium atau studi kasus maupun bertatap muka langsung dengan para praktisi perusahaan, sehingga para mahasiswa dapat memahami dan membangun program aplikasi sistem informasi berbasis jaringan komputer, multimedia dan internet secara nyata.
Si ukdw juga mempunyai beberapa misi yaitu : 
  • Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran sistem informasi di bidang bisnis dan multimedia dengan pendekatan multi disiplin.
  • Melakukan riset pengembangan sistem informasi secara kreatif, inovatif, dan aplikatif yang berwawasan lingkungan.
  • Turut serta dalam pemberdayaan masyarakat dengan pemanfaatan teknologi informasi yang tepat guna.
  • Membangun jejaring untuk mendukung proses pembelajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat dalam bidang sistem informasi.
  • Menumbuhkembangkan kecakapan dalam menyelesaikan masalah pengelolaan informasi dengan memanfaatkan teknologi informasi.


kalau tentang sistem pembelajaran gimana ? oke saya jelaskan

Program Studi Sistem Informasi lebih mengutamakan pendekatan Student Centered Learning (SCL) dan Problem Based Learning (PBL) dalam proses pembelajarannya. Dengan demikian, proses pembelajaran menjadi lebih hidup, lebih menyenangkan, sehingga pengetahuan akan lebih mudah diserap oleh mahasiswa. Mahasiswa juga secara langsung diajak terlibat dalam studi lapangan, praktek laboratorium, penyelesaian studi kasus, dan belajar langsung dengan para pakar maupun praktisi di bidang Teknologi Informasi.
(Kopetensi Kelulusan)

Melalui Kurikulum Berbasis Kompetensi versi 2010 ini, Prodi SI UKDW memiliki sasaran kompetensi lulusan yang dilihat dari 3 dimensi sebagai berikut:


Di dalam Si sendiri terdapat bidang minat yang akan dipilih oleh mahasiswa,
disini ada 2 yaitu bisnis dan multimedia, lebih rinci akan saya jelaskan berikut :
  • Sistem Informasi Bisnis (SIB)

Motto: ”Better Inormation for Better Business”

Ungkapan tersebut menunjukkan betapa pentingnya cara pengelolaan informasi untuk sebuah bisnis/perusahaan. Sistem Informasi Bisnis adalah bidang minat yang mendalami teknik pendayagunaan data untuk mendukung aktivitas bisnis serta pengambilan keputusan yang akurat. Mahasiswa dibekali pengetahuan tentang teknik analisis dan disain sistem informasi serta menggunakan software untuk solusi bisnis, termasuk manajemen data, e-Commerce, otomasi perkantoran. Saat ini, kebanyakan sistem informasi bisnis dikembangkan dengan basis data dan memakai teknologi internet. Jadi, atas dasar kebutuhan dari dunia bisnis modern inilah, bidang minat ini ditawarkan.

Beberapa Peluang Kerja : 
Pengembang Sistem e-Commerce
Analis Sistem Bisnis
Administrator Basis Data
Manajer Sistem Informasi
Business Applications Programmer
End-user Consultants

  •          Sistem Informasi Multimedia 


    Motto: ”We bring information to life”

    Menjadikan tampilan sebuah informasi lebih hidup dan interaktif adalah motto dari bidang minat ini. Aplikasi multimedia merupakan hasil kombinasi dari fitur-fitur teks, suara, dan gambar bergerak yang disajikan secara interaktif. Bidang minat ini akan membekali mahasiswa keahlian dan keterampilan dalam merancang dan membuat sistem informasi dengan gambar-gambar, suara dan aplikasi internet. Teknik dasar komputasi dan kreatifitas adalah bagian penting dari bidang minat ini.

    Beberapa Peluang Kerja :
    Web Developer/Programmer
    Pengembang CD-ROM/DVD Interaktif
    Animator: periklanan, computer game, rumah produksi, TV
    Graphic Designer
    Special Effects Programmer 
     

    oh iya hampir lupa, ada juga kegiatan rutin untuk anak si ini,
    (OKA)

    Acara ini akan mempersiapkan mahasiswa baru untuk mengikuti perkuliahan di UKDW. Acara ini dikemas dalam suasana akademis yang akrab dan bersahabatbaik dalambentuk ceramahdinamika dan inagurasi antara mahasiswaDalam acara ini, paramahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas (BEMU),Himpunan Mahasiswa Program Studi dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) salingmemperkenalkan kegiatan-kegiatannya

    (Si Camp)

    Acara rutin yang selalu diadakan disetiap awal tahun pelajaran untuk para mahasiswa baruProdi Sistem Informasi UKDW. Yang berlangsung selama 3 hari 2 malam dan diikutidengan acara acara OutbondTemu lebih dekat dengan dosendst.

    (Makrab)


    Acara  yang menyimpan banyak cerita di dalamnya. Para dosen SI pun terlihat hadir disana dan meramaikan makrab ini Berbagai kegiatan yang diadakan sangat berkesandan terbukti dapat menghilangkan batas antar angkatan.Dilakukannya rolling kelompok setiap kegiatannya membuat seluruh peserta semakinmengenal teman-temannya dengan baik.

    (OKA Ortu)


     Sistem Informasi kembali mengadakan Orientasi Kehidupan Akademik (OKA) untuk orang tua mahasiswa. Acara yang dikemas menarik ini berlangsung selama kurang lebih 3 jam. Ka.Prodi SI mensosialisasikan kurikulum dan kegiatan pembelajaran di SI kepada orang tua mahasiswa


    nah bagaimana ? tertarik bukan ? monggo langsung saja datang ke ukdw yang berada di jogja dan daftarkan diri anda. Join us !



    source : www.ukdw.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar